Rabu, 13 Mei 2015

TERTIDUR DI HAMPARAN BUNGA EDELWEIS PAPADAYAN GARUT

Akhirnya berhasil ngajak si "dewi hujan" hiking ke gunung papandayan, dulu jaman masih muda belia si "dewi hujan" ini mau diajak naek gunung nanti katanya kalo di gunung ada salon haha

view di cibeuruem, wanaraja, garut
hiking ke papandayan kali ini untuk yang kedua kali buat gw, taun lalu bareng my sister n brother cuma sampe pondok salada dan berharap suatu hari bisa sampe ke tegal alun.. dan pada suatu hari tiba-tiba kesempatan itu datang tapi kali ini ga sama keluarga, but with my best friend merina si "dewi hujan".. dadakan banget ngajaknya tiba-tiba kepikiran buat hiking ke papandayan ngajak dia, timing nya tepat saat long weekend dan Tuhan memperlancar semuanya, jadilah kita caw ke Garut jam 10 malem dianter with my sister family, sampe garut jam 3 pagi dan hujan ..... aura hujannya meri sampe ke garut :( berharap semoga hujannya ga sampe papandayan, tetapi pagi ternyata masih gerimis merisbis, mataharinya muncul malu2 di balik gunung Beseur, Cibeureum.

pagi-pagi sempetin olahraga dulu ke sawah bawa kurcaci2 maen ke sawah padahal gerimis tapi cuek aja, seneng bgt bisa sampe garut lagi, memandang lingkaran gunung yang mengelilingi garut, padi2 yang menguning siap di panen, udara yg segar, Alhamdulillah, Subhanallah.

Dan tepat jam 9 kita ready to go to Papandayan, dari Cibeureum, wanaraja ke sana cuma 1 jam dianter sampe Cisurupan dari situ kita naek mobil bak terbuka atau biasa disebut mobil colt, dandan cantik naek mobil bak hihi dan isinya cuma bertiga with my sepupu dengan harga 70rbu saja bertiga dan abangnya mau lagi nganter sampe atas :D view sepanjang jalan menuju kaki gunung papandayan indah bgt, jalannya udah lumayan bagus dibanding tahun lalu, seru bisa selfie sepanjang jalan :D

naik mobil colt cuma ber3

sampe atas ternyata penuhhhh bgt mungkin karena libur panjang jadi tuch orang2 udah naek dari kemaren, kita siey sesuai rencana, bakalan tektok aja tujuannya ke Tegal alun timing 3 jam sampe sana. baru sadar persiapan berangkat hiking minim banget ga bawa jas ujan, ga bawa makanan, dan cuma bawa air masing2 orang bawa 600 ml, sing penting bawa kamera haha geloooo sudahlah pasrah.

iin tampak lelah, mabok belerang :D

pendakian pertama sampe kawah belerang, mery di depan, gw di belakang sepupu gw si iin dtengah, karena dia jarang olahraga, ga pernah malah jadinya dia berasa sangat lelah. dasar abg tiap 10 menit jalan berenti 20 menit, kasih semnagat bentar lagi sampe hutan mati :D bau belerang yg menyengat sbenernya ga hanya bikin mabok iin, gw jga ngerasa pusing siey dan gw sama mery ga bawa masker, iin mulai mual dan berentinya mkin sering, udah tau mabok belereang dia malah berenti deket sumbernya langsung, onceeee dasar haha

karena lama bgt menuju hutan mati, jalanan setelah kawah mulai menanjak terus dan licin banyak kerikil, iin makin jauh tertinggal dibelkang sesekali gw tereakin namanya sampe ada bapak2 ikutan nyemangatin iin hihi

hutan mati
groupie at hutan mati

setelah 2 jam jalan, kita sampe di hutan mati, yeaayyyy mery sampe duluan dan udah leha2 sementara iin msih terseok2 di bawah. begitu sampe langsung terpesona dia minta foto disegala sudut, oke tujuan kita ke tegal alun kita lanjutkan kesana.. jalan menuju tegal alun lumyan berat karena habis hujan jalannya licin dan becek, tapi adem karena bnyk pohon, semakin ke atas semakin berat iin makin ketinggalan jauh dibelkang, gw sama mery jalan beriiringan udah ga ngobrol2 lagi karena udah gada tenaga buat ngobrol cuy, ngatur napas teratur, untunglah selama ini gw suka jalan jauh ngejar busway n cl jadi lumayan membantu pas hiking :D tiap dijalan ketemu pendaki lain yg dari atas nanya2 jawabnya sebentar lagi!! ealah dari tadi jalan ga sampe2 :(

makin deket ke tegal alun jalannya nanjak smape 90 derajat tangan, kaki, uluran tangan orang lain udah di pake semua, naek kesana antri karena jalannya menyempit, jadi kita nunggu yang turun baru naek lagi, yg tutun banyk banget, mana ada akar pohon sempet bingung ini naeknya gimana, dan ternyta bisa leganya...

mery lelah :D
 finally sesuai rencana jam 1 kita sampe tegal alun, pas setelah 3 jam kita jalan, liat2 sebentar mery langsung tertidur di bawah bunga2 edelweis, iin belum sampe, gw moto yang tidur aj deh, iin menyusul agak lama, begitu sampe malah asyik foto2 di plang selamat datang di tegal alun sama rombongan lain, ternyta dia ditolongin sama rombongan itu buat nek ke tegal alun pasca kita tinggal jalan sendirian haha
tegal alun

background edelweis

menikmati tegal alun, ada banyak bunga edelweis, ada yang udh mekar tapi ada juga yang belum sepenuhnya mekar, that's really beautiful. satu jam rasanya sebentar menikmati tegal alun baru sadar kita udah kehabisan air minum dan disana gada mataair (

kita harus cepet2 turun supaya ga kesorean sampe bawah, turun gelosor karena udah terlalu lelah pas naek, begitu mau sampe hutan mati terasa sangat haus lagi istirahat ngedumel keausan dan ternyta Tuhan Maha Baik, ada pendaki lain yang lagi lewat ngedenger mery haus pengen minum tapi gada air dan mereka memberikan kita 1 liter air baikknyyyyaaaa pas ditanya namanya katanya sebut saja namnaya Bunga hahaha

turun terasa lebih cepat, jam 4 kita udah sampe di bawah, langsung menuju toilet dan musolah karena penuh kita cari toilet lain yg ternyta kotor banget sampe ilfil, mana airnya rasa besi, wc gada gayungnya, menyedihkan :( niat makan indomie pun sirna sudah karena hari semakin sore.

setelah urusan basah2 kelar waktunya pulang, cari tumpangan mobil colt, lumayan susahnya nyarinya karena rata2 yg mau pulang udah pnya rombongan kita cuma bertiga dan tektok pula, ga booking mobil buat ngejemput, jadilah kita nyari kelompok yg mau bareng kita, isi mobil rata2 13 orang satu orang kena charge 20 rbu, setelah pindah sana sini akhirnya ada satu kelompok dari bekasi yang mau nampung kita, iin dan mery duduk depan samping pak supir, gw dibelakang bareng rombongan n carrier segede gambreng, seru mereka cerita2 kalo mereka rombongn yg udah sering naek gunung rame2 dan takjub ngeliat kita cuma bertiga, cewe semua, dan tektok pula.

sampe cisurupan kita say goodbye sama rombongan bekasi. sinyal yg tadinya hilang akhirnya ada lagi di sini sibuk nelponin my sister minta dijemput, dan susah bgt nyambungnya sementara hari semakin sore akhirnya diputuskan kita naek angkotan umum lagi untuk sampe terminal garut, ketemulah dengan rombongan lain yg tujuannya sama tawar menawar angkot akhirnya dapet, kena charge 15rbu per orng sampe terminal guntur.

sampe terminal ditrurunin depan indoma*** langsung jajan, dan pulang menuju cibeureum karena angkot yg lewat depan rumah udah close jadilah kita naek yg jurusan lain ke sukawening cukup 5rbu saja, jam 8 kita sampe rmah langsug mandi dan leha2...

itu perjalanan kita ke papandayan sangat menyenangkan, walaupun treknya tidak sesulit trek ke gunung gede tapi tetep menguras tenaga jadi jgn lupa olahraga kalo mau hiking, bawa jas hujan karena cuaca di gunung tdk stabil, bawa makanan at least permen atau madu buat nambah stamina, dan bawa minum yg cukup.