Senin, 02 Maret 2015

Dampak Positif dan Negatif Teknologi Informasi Pada Masyarakat


Beragam jenis gadjet hasil perkembangan TI
Perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat membuat hidup kita semakin indah dan berwarna. Dengan adanya teknologi informasi seharusnya kita dapat memanfaatkannya sebaik mungkin untuk memudahkan hidup kita, bukan sebaliknya menyulitkan hidup kita dan membuat kita jauh dari kehidupan nyata. Ada beberapa dampak positif dan negatif pada masyarakat terkait perkembangan teknologi informasi saat ini. Beberapa dampak positif nya antara lain :

  • Dengan adanya teknologi informasi semua informasi dapat langsung kita ketahui dengan cepat dan mudah. Tidak ada lagi istilah “ketinggalan berita” karena berbagai informasi dapat kita ketahui dalam hitungan detik.
  • Setiap informasi terbaru akan dengan cepat tersebar, dan dapat membuat perubahan dalam kehidupan masyarakat.
  • Komunikasi dapat terjalin dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun, melewati batas benua dan samudera. Kehadiran teknologi informasi memudahkan kita terhubung dengan banyak orang tanpa mengenal batas.
  • Dengan hanya satu alat tertentu, kita dapat membuat dokumen, mengedit dokumen, membuka berbagai jenis file dan berbagi file dengan orang lain, tanpa perlu bertemu dengan orang tersebut.
  • Internet menyediakan beragam aplikasi mulai dari dropbox, google drive, dan lain-lain sebagai media penyimpanan online, sehingga kita dapat menyimpan berbagai macam data di internet dan mengaksesnya dimanapun dan kapanpun ketika dibutuhkan,
  • Berbagai media sosial seperti facebook,  twitter, instagram, path, dan lain-lain secara tidak langsung  mendorong kita untuk saling berbagi dan memberi dalam beragam bentuk dan hal tersebut dapat terbawa dalam kehidupan nyata sehingga membuat hidup lebih menyenangkan.
  • Setiap orang dapat kesempatan yang sama untuk mengekspresikan diri, dan berkreativitas sesuai dengan keinginan mereka dan menjadi terkenal dalam waktu singkat.
  • Setiap orang dapat bergabung dan aktif di media sosial untuk belajar hal baru dari manapun dan dengan siapapun bahkan dengan orang dari belahan dunia lain, seperti belajar sukses dari pengalaman hidup orang lain.
  • Kita dapat saling membantu meskipun tidak saling mengenal secara langsung.
  • Memudahkan kita dalam bertraksaksi online di dunia perbankan.
  • Membanjirnya bisnis online seperti online shop memudahkan kehidupan  dalam transaksi jual-beli.
Selain dampak positif diatas, teknologi informasi juga membawa dampak negatif pada masyarakat, beberapa dampak negatif nya antara lain :
  • Informasi yang semakin banyak dan mudah di dapat membuat masyarakat kesulitan dalam memilih informasi yang sesuai dan mereka butuhkan.
  • Kehadiran gadjet berupa telepon genggam yang membantu kita berkomunikasi dengan orang lain ternyata juga dapat menjauhkan kita dengan orang terdekat, karena kehadirannya membuat orang sibuk dengan gadjet-nya masing-masing sehingga mengabaikan orang yang ada di sekitarnya.
  • Pemakaian beragam media sosial seperti facebook, twitter, instagram, path, dan lainnya yang berlebihan dapat berpotensi membuat kita jauh dari kehidupan nyata.
  • Ketimbang melihat dunia sekitar, saat ini orang lebih sering melihat layar ponsel, seperti saat sedang di jalan, di kendaraan, dan menunggu seseorang tanpa sadar kita  telah menggunakan sebagian besar waktu untuk main ponsel, entah itu untuk melihat status di media sosial,  main game, browsing atau streaming.
  • Di zaman modern seperti sekarang ini, anak-anak pun dapat mengakses internet dengan mudah tanpa pengawasan orang tua sehingga dia dapat melihat hal-hal yang berbau pornografi.
  • Berjam-jam melihat layar ponsel dan monitor dapat mengganggu kesehatan, mengganggu kualitas tidur dan dapat membuat orang lebih mudah stress.
  • Ada banyak dan beragam penipuan melalui internet, pencurian data berupa pin dan password yang menyebabkan kerugian moral dan material.
  • Kebutuhan akan layanan internet membuat orang lebih boros dan konsumtif, karena layanan internet harus selalu aktif agar kita dapat mengambil manfaat dari kehadiran gadjet tersebut yang memang kekuatannya terletak pada layanan internet.
Teknologi informasi memang menawarkan dunia baru yang penuh warna, beragam dampak negatif yang ada bila kita mampu mempergunakan dan memanfaatkannya sebaik mungkin, hal itu akan membawa kehidupan kita menjadi lebih mudah dan lebih bahagia.


Sumber: 

Dewi, Bestari Kumala. 2013. ‘9 Kebaikan Twitter’, Chic Magazine,  No. 133, hlm. 56-57.
Indriyani, Maya, 2013. ‘Nikmati hidup di Socmed’, Chic Magazine, No. 177, hlm. 62-63.
Kasih. Ayunda Pininta, 2013. ‘Addicted to Socmed’, Chic Magazine, No. 153, hlm. 56-57.
Lukmawan, Ari F. 2014. ‘Gaya Berkomunikasi Orang Tua Pengaruhi Karakter Anak’, Intisari extra, hlm. 194-201.

Tidak ada komentar: